Monday, February 22, 2010

komplain vs service...

wah, hari ini saya kecewa dengan provider yang sudah bertahun - tahun saya percaya. dari pagi tadi saya tidak bisa menggunakan internet di henfon saya. jam 7 malam saya baru sempat menghubungi operator XL. saya berharap segera ada solusi karena saya membutuhkan koneksi tsb baik untuk pekerjaan ataupun komunikasi. mas operator yang menjawab telfon saya mencoba mengecek kondisi jaringan ataupun nomor saya. setelah menunggu beberapa saat, mas operator mengatakan bahwa simcard saya memang ada gangguan dan akan dibantu untuk merefresh dari sana. saya hanya diminta mematikan henfon selama kurang lebih 10 - 15 menit dan menyalakan kembali serta mencoba internetnya. saya cukup lega setelah mendapat jawaban tsb dan segera saya matikan henfon saya sesuai petunjuk dari mas operator itu. namun setelah kira - kira 10 menit, saya nyalakan kembali henfon saya, ternyata tetap tidak bisa tersambung dengan layanan internet yang sudah saya daftarkan berlangganan dng provider tsb. sayapun sudah sempat mengecek bahwa masa berlaku & quota nya masih bisa dipergunakan. saya coba cek setting GPRS di enfon saya. semuanya sudah tersetting dng baik seperti biasanya. saya mulai cukup kesal karena merasa tidak diberikan action langsung atas komplain yang saya berikan tadi.
jam 10 malam tadi, akhirnya saya coba telfon kembali operator XL, kali ini yang menjawab wanita dengan logat agak kedaerahan. tanpa menanyakan nomor henfon saya terlebih dahulu, si mba operator langsung saja menanyakan alamat saya dan saya merasa kurang terdengar formal dan tampak si mba seperti anak baru yg masih training. setelah saya laporkan case saya padanya dan saya sampaikan juga pada dia bahwa saya telah melapor sebelumnya, si mba hanya menjawab bahwa laporan saya akan dilanjutkanke bagian terkait dan akan ditindaklajuti kurang lebih selama 3 hari. saat itu saya merasa tidak puas, sebagai customer... saya pasti menginginkan bahwa komplain saya segera bisa mendapat solusi, namun yang ada saya diminta menunggu selama kurang lebih 3 hari? saya kan sudah membayar untuk fasilitas itu, saya juga membutuhkannya, tapi saat ada komplain dari customer, mengapa tidak ada quick action untuk itu? dan penyampaian si mba pun kurang meyakinkan saya sebagai customer XL. dan malah dia sempat mengecek kondisi nomor saya tanpa menanyakan terlebih dahulu berapakah nomor XL saya. bisa saja saya menelfon menggunakan nomor henfon milik orang lain dan yang terdetect di perangkat mereka adalah bukan nomor saya. sempat saya sampaikan pada si mba operator, apakah dia tau nomor saya karena dia langsung mengecek saja tanpa bertanya pada saya terlebih dahulu spt yg dilakukan si mas operator. dan mbaoperator menyebutkan nomor telfon saya dengan benar untungnya.
sekali lagi saya merasa tidak puas, karena sampai detik ini saya msih juga tidak bisa menggunakan internet di henfon saya, padahal sudah saya matikan kembali henfonnya sesuai dng instruksi si mba.

semoga akhirnya saya bisa amenemukan operator service yang bisa benar2 membantu saya dng quick action. saya berencana akan menelfon kembali setelah ini. karena saya adalah customer XL sudah lebih dari 5 tahun dan saya cukup nyaman sebelumnya dengan provider itu. semoga mereka tidak membuat saya kecewa karena dengan sistem service mereka mungkin.. karena operator atau call center seperti itu, saya rasa harus benar2 di hire dengan cara yg profesional dan orang2 yang tepat karena mereka akan menjadi front liners juga untuk perusahaan. baik ataupun buruk image perusahaan dapat dinilai dari para operator tsb.

sedikit saja menurut saya tentang service... "jika customer merasa puas dengan service yang didapat, maka dia akan menyampaikan hanya pada orang terdekat dan akan dapat menjadi loyal, namun jika dia kecewa, maka dia dapat memberitahukan pada siapapun atas kekecewaan ataupun ketidakpuasannya. karena yang diinginkan oleh customer pastilah service yang baik, kepuasan dan solusi dengan cepat jika terjadi komplain".

indie

No comments: